Tes Kepribadian Online

Shutterstock.com
Kamu suka ikut-ikutan tes kepribadian juga? Sukalah, ya.. (koq maksa, sih). Ternyata banyak tes kepribadian online, yang bikin orang-orang seperti saya, yang kepo 'gue termasuk yang mana, sih?' jadi sering mencoba-coba tes itu.

Nggapapalah, mumpung gratis. Gitu, kali, ya? Pertama yang saya tahu adalah tes keempat temperamen. Saya rasa, saya termasuk bertemperamen plegmatis - kholeris. Tapi dominan plegmatis. Saya sempat nggak terima dengan kenyataan ini. :D Kenapa? Nanti ada ceritanya...

Setelah lama tahu tes keempat temperamen, tes berikutnya yang saya ketahui adalah tes kepribadian MBTI. Yang ini ternyata lebih rumit karena lebih banyak pengkategoriannya. Lucunya, saya sempat menemukan hasil tes yang beda-beda. Yo weslah. Setidaknya di antara kategori I atau E, sudah jelas saya termasuk I (introverted).

OK. Tes berikutnya yang saya tahu itu melalui tulisan tangan oleh seorang ahli grafologi. Tapi karena yang ini nggak gratis, bagi kantong sayapun saat ini mahal, saya cuma dapat sekilas lalu saja dari yang dibacakan melalui twitter. Saat itu mbak Deborah Dewi sempat menjawab (karena waktu itu dia ngasih kesempatan buat yang ingin karakter tulisannya dibacakan). Menurutnya saya bisa menjadi pemimpin. Hm..

OK, jangan terlalu men-judge diri sendiri! Setiap orang bisalah menjadi pemimpin atau manager dengan gaya dan caranya masing-masing. Lagipula Deborah Dewi sudah membuktikan keahliannya itu waktu harus menganalisa tulisan dan tandatangan pejabat, di antaranya yang saya baca yaitu Ahok dan Ridwan Kamil. Tentu bukan hanya mereka tokoh yang ia analisa. Mary Jane, warga negara Filipina juga pernah dianalisa tulisan tangannya, dari suratnya kepada Jokowi. Jane saat itu meminta bantuan atas jerat hukuman yang menimpa dirinya karena terbukti menyelundupkan putau.

Mungkin masih ada tes-tes lain yang masuk akal, yang saya ikuti. Tapi saya lupa. :p Yang saya ingat, tes kepribadian melalui tandatangan adalah model yang terakhir saya tahu dan saya suka keakuratannya. Terakhir saya mencoba ikut dianalisa juga dengan mengirim image tandatangan saya ke akun yang disediakan oleh penyiar Smart fm. Dan hasilnya tentu ikut disiarkan. Saya memang kebetulan lagi stay tune di channel ini. Saya buru-buru membuat tandatangan lalu memotretnya, lalu saya kirim. Urusan yang begini saya memang paling ekspres. :D

Seneng dan kecewa saya waktu itu. Seneng karena segera dijawab dan analisanya sangat mendekati akurat, kecewa karena saya sempat berharap terlalu besar waktu itu. Begini. Saya sebal dengan karakter saya sendiri yang mengarah ke temperamen plegmatis (lihat paragraf di atas tadi), yang cenderung adem ayem (nggak selalu juga, padahal), sementara saya lagi ingin membangun bisnis. Haha! Lucu juga kalau diingat-ingat lagi.

Oya, untuk tes melalui tandatangan tadi, saya dapat linknya di internet, yaitu fotokarakter.com. Kalau analisa sekilasnya gratis, untuk tahu lebih dalam lagi memang perlu modal (minimal Rp150 ribu s.d Rp200 ribu gitu, deh). Hehe..

Saya belum coba, tapi menurut testimoni-testimoninya lumayan akurat dan ada solusi untuk kita yang pengen mengendalikan kelebihan dan kekurangan kita. Mengendalikan gimana merespon yang benar; membantu kita menganalisa mana karakter yang perlu dikurangi dan mana yang potensial buat dimaksimalkan. Jadi worth lah, bayar segitu, sih. Hm.. Coba yuk, ah?!

Comments