Thursday, May 26, 2016

Jadi Blogger KOPI, Why Not?

Pertama kali saya ikut-ikutan ngeblog awalnya sederhana. Dulu kalau tidak salah sekitar tahun 2003 (kalau salah mohon dimaafkan, hehe), ketika MIRC masih cukup banyak yang minat (sekarang sepertinya sudah tidak populer, meskipun masih banyak pengguna).

Waktu itu saya melihat link footer seorang teman di sebuah forum. Penasaran. Lalu saya klik. Ternyata isinya diary online! Si teman adalah seorang pria, yang ternyata oke oke aja tuh, nulis diary. Bahkan "diary beneran" karena dulu isinya masih banyak yang curhatan seputar kerjaan, keluarga, dan tulisan personal lainnya.

Dari situ saya merasa, wah, gue juga bikin, ah!

Koalisi Online Pesona Indonesia.
Sekarang jamannya ngeblog udah beda. Hal yang bersifat personal mulai bergeser. Karena makin riskan juga curhat-curhat yang pribadi di tempat umum. :)) Maksudnya, ya perlu makin disaring lagi.

Sekarang jamannya blogging untuk sharing info, opini, yang intinya positif, menghibur namun tetap informatif. Ngga perlu heboh yang gimana, sih, menurut saya. Maklum, jaman sekarang orang banyak yang mencari sensasi, atau berusaha menuliskan sesuatu dengan bombastis, tapi ternyata caranya kurang bijak. (Banyak kan, headline-headline, atau link yang bertebaran di socmed, beda judul dan isinya?)

Nah, salahsatunya yang saya suka dari KOPI adalah, mendorong kita menyebarkan info dengan value. Bukan sekadar mementingkan SEO.

KOPI bahkan menjembatani blogger dengan sumber informasi yang tepat, yaitu dengan mempertemukan blogger dengan event-event keren yang sedang berlangsung. Jadi blogger pun menuliskan info yang memang up to date! Wow...

Fyi, saya join KOPI baru tadi pagi, lewat grup Whatsapp KOPI. Saya banyak baca infonya dari blog Sonya semalam. Ternyata, KOPI sudah cukup lama juga eksis, dan membernya ada di berbagai kota! Ngga cuma Jakarta. Membernya pun dari berbagai kalangan profesi, seperti ibu rumah-tangga, karyawan, bahkan penulis, dan jurnalis. Fulltime blogger? Banyak! hehe.. Gimana ngga mantap tuh? Apalagi kalau ketemu di Pesta KOPI bulan november nanti! Kayak gimana hebohnya, ya? Setumpuk bekal ngeblog yang bakalan di-share ke kita-kita?

I wanna be there. What about you? ;-)

10 comments:

  1. Wah, baru dengar komunitasnya. Saya pikir pencinta kopi yah, soalnya logonya ada biji kopi. Rupanya akronim...

    Makasih infonya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, itu singkatan, Net. Koalisi Online Pesona Indonesia. ;)

      Delete
  2. Baru tau juga aku dengan KOPI, ada pesta KOPINya juga....mungkin terinspirasi dari kata "kopi darat" kali ya, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ya, Ka? Yg pasti bukan copy paste. Wkwkak..

      Delete
  3. aku baru sebulan terakhir ini kepikiran untuk gabung sama komunitas blogger. Tapi baru kepikiran yah, belum gabung beneran ... hehe

    Persyaratannya itu loh yg bikin aku nimbang2 lagi. Ada yg minta posting minimal sekian kali dalam satu kurun waktu, ada yg minta difollow IG, twitter dll. Duh. Aku yg sengaja ga mau bikin IG skrg jadi terpaksa buka akun itu buat persiapan join komunitas blogger ... garuk2 deh

    yah semoga aja aku bener2 gabung #tuh kan masih mikir lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gabung aja! ;) Semakin sering update memang semakin ok sih, Vy.. Cuma di sini ngga ngga ada syarat minimal. Nge-flow! (blogmu termasuk sering update deh, setau sayah)

      Delete
    2. Thank u buat dorongan semangatnya, Murni :)
      Langkah awal aku gabung ama warung blogger
      (kalo blogger perempuan baru gabung fbnya)
      Ini lagi nimbang utk hijrah ke dot com

      Delete
    3. Asiik.. iya, pakai domain dotcom juga! :)

      Delete
  4. syarat gabung blogger kopi apa mbak? Sepertinya menarik tuk gabung :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, Mas Sandi boleh share nmr Whatsapp yang mau di-add, ya. Nanti aku kabari ke admin. :)

      Delete